It’s Decided!!

Kemarin saya menghadapi sidang thesis dan Alhamdulillah sudah selesai terlewati . Kurang dari sebulan lagi saya akan pulang ke Indonesia. Ada rasa senang dan sedih akan pulang ke Indonesia. Sedih karena menyesal belum berbuat/belajar banyak selama 2 tahun ini. Senang karena banyak hal :D.

Sebelum memutuskan pulang, saya bimbang apakah pulang ke Indonesia atau bekerja dulu di Korea.  Karena berada disini, saya sempatkan dulu apply ke perusahaan besar seperti Samsung, sayang kandas di proses interview. Sebelumnya juga ditawari oleh professor ke perusahaan kenalannya, namun sampai sekarang belum ada kejelasan. Keuntungan bekerja di korea adalah gajinya besar dan biaya hidup tidak terlalu tinggi, juga menambah pengalaman di tengah majunya industri Korea. Kebutuhan orang asing di korea semakin besar, mengingat dibutuhkan orang yang punya keterampilan sekaligus mampu berkomunikasi bahasa inggris sekaligus untuk kemungkinan ekspansi ke negara berkembang. Apabila saya bertahan beberapa bulan disini untuk mencari kerja, paling tidak ada peusahaan yang bisa saya masuki. Profesorpun juga membantu menawari pekerjaan lain Tapi pada akhirnya saya tolak dan memutuskan untuk pulang ke Indonesia.

Saya punya beberapa alasan untuk meninggalkan Korea.

  1. Komunikasi , Orang korea yang tidak bisa bebahasa inggris, disamping saya sendiri yang pemula bahasa korea. membuat komunikasi saya dan mereka terhambat. Saya pikir komunikasi yang buruk akan membuat kehidupan dan kinerja saya tidak maksimal
  2. Saya sudah puas, Saya sudah puas merasakan hidup di negara 4 musim.  Sudah puas juga menikmati keindahan Korea, jalan-jalan di tempat wisata di Korea (walau ada beberapa yang belum), hingga pada titik saya sudah jenuh dan puas. Saya juga suka mengamati kehidupan orang korea hingga hal-hal yang detail, seperti gaya hidup, etos kerja, kampus., lalu lintas, IT, sistem transportasi, tempat wisata dll. Banyak hal di korea yang menginspirasi saya dan belum banyak diterapkan di Indonesia. Semoga dapat memanfaatkan inspirasi dari Korea, sepulang saya ke tanah air.
  3. Keluarga, Hidup di negeri yang jauh juga membuat jauh orang-orang yang saya sayangi. Walaupun sudah ada teknologi seperti skype, tetap saja ikatan batin terpisahkan oleh jarak .
  4. Indonesia, Hampir setiap hari saya membuka forum skyscrapper city indonesia, berisi tentang perkembangan infrastruktur Indonesia. Dari situ, saya simpulkan indonesia memang luas dan kaya. Masih banyak yang perlu dibangun dan banyak sekali kesempatan untuk berkembang. Walau kondisinya kacau tapi saya yakin makin hari makin baik, justru menjadi tantangan untuk mengembangkan diri di Indonesia. Nice place to live and grow old

905297_10200576737454236_301071240_o

Pada akhirnya, hidup ini pilihan. Tidak ada pilihan yang terbaik. Kita cukup berusaha yang terbaik atas apa yang kita pilih

Memori di dalam lagu

Bagaikan harddisk, Otak manusia dapat berfungsi untuk menyimpan memori. Tapi terkadang simpanan itu bisa rusak maupun hilang sama sekali, makanya manusia bisa lupa hehe.

Nah, untuk memudahkan mengembalikan ingatan, kita bisa menyimpan ingatan itu ke dalam media lain, salah satunya musik. Contohnya, ketika saya awal-awal kuliah S1, saya sering mendengarkan musik dalam berbagai aktivitas harian, misal ospek, galau di kosan, biasanya sih playlistnya itu-itu saja. Nah jadi setelah 5 tahun kemudian saya buka playlist itu kembali, dan saya jadi teringat kegiatan-kegiatan saya di awal kuliah, sangat mengharukan ketika bernostalgia itu hihihihi

DI postingan ini saya ingin menuliskan beberapa lagu dan memori saya , biar tidak lupa juga hehe

  • Simple Plan – I’d Do anything dan lagu-lagu simple plan lainnya

Mengingatkan jaman kelas 2 SMA, les di SSC, jaman banyak anak bawa HP yang ada mp3nya yang bikin saya mupeng. Jaman cinta monyet hahahaha

  • Inchibyou No Refr – GEt Backers
Masa awal-awal masuk ITB, jaman TPB. Main di kosan inas. kedinginan di bandung, malam-malam rela ngenet sampai jam 2 malam agar bisa dapet diskon 😀
  • Life is Like a boat – OST Bleach
Masih awal-awal TPB. Masih menggunakan PC lama saya, mengerjakan tugas di tempat furqon. Mendengarkan lagu-lagu dari i-radio bandung/urban sambil menikmati suasana pagi di kosan.
  • Canon in D
Mengingatkan masa-masa mengambil kuliah dasar pemrograman di semester 2. Awal-awal punya laptop. Bela-belain ke kampus jam 4 pagi buat main wifi hihihi
  • Hijau Daun – Cobalah
Aneh juga dulu suka ngedengerin lagu band alay 😀 , tapi memang lagunya bagus. Mengingatkan masa-masa awal jadi ngadiman, susah sih karna masih harus belajar banyak
  • Firehouse – I’ll live my life for you
Masa-masa galau di lab sambil mengerjakan project, lagu-lagu firehouse menemani masa galau tersebut hihihi . Sambil menginap di lab tentu saja
  • Stereo Hearts –

Detik-detik terakhir sebelum meninggalkan bandung. Masa-masa pendekatan dengan pacar 😀 , lagunya asyik, alhamdulillah menjadi lagu favorit kami berdua 🙂

Sebenarnya masih banyaakk  lagi, terutama pada tingkat 2 dan 3 kuliah, nanti deh akan saya update. Sementara itu, mari kita mendengarkan musik 😀

Gas mati

Hari Jumat kemarin , ketika pulang ke apartemen kami dikejutkan dengan matinya saluran gas. Malam sabtu itu terpaksa kami tidak bisa menyalakan heater/ondol, jadilah kami berdingin-dingin ria di dalam apartemen

Selain itu, banyak aktivitas yang tidak bisa kami kerjakan

– Tidak bisa mandi, jadilah mandi di kampus

– Tidak bisa masak, jadilah membuat sushi dan kimbab 😀

Hari sabtunya kami menghubungi manajemen apartemen, untunlkah nomornya tertera di depan pintu apartemen dan dapat juga berkomunikasi dengan bahasa inggri (terima kasih Agi). Rupanya sedang ada pemadaman gas, karena ada yang tidak membayar pajak di salah satu ruang aprtemen, maka semua ruangan kena imbasnya diputus juga. Akhirnya gas menyala kembali (horee)

Musim dingin memang tidak bisa lepas dari gas 😀

가스 없으면 , 오늘 어제보다 더추워요 / gase opsemyon, onel oje poda do cuwoyo / without gas, today is colder than yesterday

Heavy Snow

Kemarin hujan salju yang lebat “mengguyur” kota Gumi. Winter ini jarang-jarang turun salju, apalagi yang lebat. Kami anak-anak lab pergi keluar untuk menikmati dan bermain salju. BAhkan malam arinya saya sempat membuat bonek salju di berlakang apartemen.seruu deh deh 😀

  

Pagi harinya disambult dengan ketebalan salju sekitar 5-10 cm, kemacetan jalan raya dan suhunya yang superr dingin

(추워요) / It’s cold

Winter @ APT

Kemarin waktu keluar apartemen menemukan pesan ini di pintu apartemen

안녕하십니까??
아파트에 동파, 이사등 문제가 발생하시면
아래 연락처로 연락 주시기 부탁드립니다 010-6336-3525 토목공학과 대학원생

주삼돈입니다

감사함니다

artinya :

Hello?
Freeze in an apartment, if problems occuryisadeung
Please feel free to contact us at 010-6336-3525 civil engineering graduate

Jusamdonipnida

Thank you, sir

(pakai google translate)

Bagi yang apartemennya bermasalah dengan heater bisa menghubungi manajemen. Minggu ini saja kami baru tahu cara memakai heater di apartemen hehe. Sebelumnya didalam apartemen sangat dingin, badan menggigil di dalam apartemen. Sekarang tidak lagi, dan tambaha nyaman saja, Tetapi sepertinya tagihan gas untuk bulkan ini akan membengkak >.<

 

 

 

 

Ccukkumi

Hmm sekalian belajar hangul sekalian ngeblog kali ya 😀 .

Jadi kalimat hari ini adalah

오늘 나는 쭈꾸미를 먹어요   /O-nel na-nen ccukkumi-rel meok-a-yo / Hari ini saya makan cukumi (sejenis octopus tapi kecil-kecil)

Ceritanya saya dan teman-teman habis ditraktir professor . Hmm sedap, walaupun kepedesan 😀

Dimana Kalian?

Hari ini, saya teringat kawan-kawan yang sudah lama tak berjumpa. Sekedar ingin tahu bagainmana kabar mereka sekarang, karena sudah lama tidak saling kontak. Untunglah sekarang jaman facebook, twitter dan blog, saya bisa mengetahui kabar mereka mereka dengan situs jejaring sosial tersebut. Tidak sulit mencari mereka di dunia maya, cukup ketikkan nama lengkap di google dan saya bisa tahu beberepa aktivitas mereka selama beberapa waktu terakhir.

Alhamdulillah setelah jalan2 di dunia maya, saya melihat teman-teman saya tersebut baik-baik saja.  Terlihat dari adanya aktivitas di dunia maya, walaupun cuma nulis status galau, sedih, marah, yah setidaknya kamu baik-baik saja disana. paling nggak masih sempet internetan. 😀

Yang saya takutkan adalah teman yang sama sekali tidak ada update di dunia maya (update status di facebook misalnya). Beberapa tampak “menghilang” dari dunia maya (kemana kamu? 😦 ). Jadi teringat masa-masa kami kuliah bersama, senang susah di bangku kuliah dan bermain bercanda setelah kuliah, dan sekarang kamu kok nggak ada kabarnya? Apakah sekarang dirimu baik-baik saja?, begitu pertanyaan saya. Apakah kamu ada kesulitan? ingin rasanya saya membantu. Tapi kini, kami sudah berpisah-pisah di berbagai tempat, sulit untuk berjumpa.

Mungkin masalah akademik salah satu penyebabnya, beberapa waktu lalu saya emndengar si X sudah di DO dari almamater saya karena sudah terlalu banyak ketinggalan kuliah. Mungkin karena itu juga dia tidak mau meberi kabar di dunia maya . But hey,  i don’t care about your GPA or  where you’re working now. Just tell me that  you’re doing good right now.

Ya Allah, Saya berharap mereka baik-baik saja sekarang 🙂