Tantangan

Kadang ngerasa tantangan hidup saya makin lama makin berat. lebay ga sih😛

Ini contoh aja sih, kehidupan saya dari SD sampai S2 , parameternya jarak rumah ke tempat rutinitas dan bagaimana memenuhi kebutuhan sehari, berikut ini listnya

  1. SD – 300 meter – jalan kaki – tinggal di rumah bersama ortu
  2. SMP – 2.4 km – naik sepeda – tinggal di rumah bersama ortu
  3. SMA – 1 km – naik motor – tinggal di rumah bersama ortu
  4. S1 –  3 km – naik motor – tinggal di kos dengan dibiayai ortu
  5. S2 – 4.5 km – naik sepeda/bus – hidup mandiri dengan biaya beasiswa, tinggal bersama teman2 di lingkungan yang sama sekali asing.
  6. Bekerja – 12 km – naik motor/busway – hidup mandiri dengan gaji bulanan, tetapi masih numpang di tempat kakak

Memang sih parameterya bukan itu aja, tapi ini secara kasar aja😀. Bukannya mau mengeluh, justru saya ngerasa bersyukur. Beratnya cobaan malah mendidik saya untuk hidup mandiri dan jadi dewasa. Contohnya, dari tinggal di luar negeri selama 2 tahun, saya jadi belajar gimana bisa survive, belajar masak, belajar ngirit, jadi menghargai tiap sen uang, menghargai nikmatnya udara hangat. menghargai nikmatnya makanan halal, mensyukuri  mudahnya mencari tempat sembahyang.

Dari tinggal di Jakarta selama beberapa bulan, saya juga jadi menghargai waktu, belajar sabar menghadapi kemacetan. Saya juga merasa bersyukur karena ada beberapa aspek yang saya rasa jauh lebih mudah dibanding saat tinggal di Korea

Ya intinya, dalam hidup ini, sebenarnya kita dilatih oleh Allah, gimana sih kalau dikasih cobaan, apakah jadi sabar?, gimana sih kalau dikasih nikmat. apakah jadi bersyukur?.

Wassalam

This entry was posted in Uncategorized by hamka. Bookmark the permalink.

One thought on “Tantangan

Leave a Reply

