GSD Summit 2013 Jakarta

MInggu ini saya datang ke acara GSD (Graphical System Design) Summit yang diadakan National Instruments di Jakarta. Mengapa dinamakan GSD? karena setahu saya National Instruments memiliki produk software Labview, yang dipergunakan untuk mendesain blok sistem dan UI nya berdasarkan interface grafis. Hadir dalam acara tersebut para praktisi dan pengguna teknologi terutama di bidang kontrol dan instrumentasi. Saya sendiri pemakai software labview dan produk NI ketika sedang mengerjakan master thesis.

Lalu apa saja di dalam acara ini? Kebanyakan presentasi mengenai fitur dan produk terbaru dari NI. Dari yang disampaikan, yang saya tangkap, mulai banyak produk NI yang digunakan dengan meng-customize FPGA. Hmm mengapa trennya FPGA ya? Seingat saya dulu, untuk implementasi FPGA dengan jumlah area yang luas dibutuhkan biaya yang sangat tinggi hingga ratusan juta. Pneggunaannya pun biasanya untuk keperluan riset sebelum diimplementasikan ke ASIC. Saya hanya menebak  harga chip FPGA semakin murah dan hasilnya jauh lebih cepat daripada menggunakan mikroprosesor.

Yang menarik lainnya adalah demo dari penggunaan produk tersebut, diantaranya kendali quadcopter dengan image processing dan gelombang otak, permainan golf, aplikasi kontroler inverter dan lain-lain. Dibawakan juga presentasi yang menarik dari engineer Daun Biru Engineering. Berawal dari problem untuk mengecek keausan sebuah kompresor, dihadirkan solusi menggunakan sensor jarak yang dipasang pada seker. Menarik juga melihat bagaimana problem yang penting dapat dipecahkan dengan solusi yang seefisien mungkin.

Pada kesempatan itu saya juga bertemu dengan teman perjuangan saat ospek ARC yang kini bekerja di LAPAN. Menarik juga mengetahui perkembangan di Indonesia mengenai dunia satelit dan penerbangan. Saya ingin lebih sering datang ke acara seperti ini. Mencari informasi sebanyak-banyaknya dari pengalaman orang lain dan tentunya saya juga ingin menciptakan pengalamn sendiri kedepannya ^^.

This entry was posted in Uncategorized by hamka. Bookmark the permalink.

3 thoughts on “GSD Summit 2013 Jakarta

Leave a Reply

