It’s Decided!!

Kemarin saya menghadapi sidang thesis dan Alhamdulillah sudah selesai terlewati . Kurang dari sebulan lagi saya akan pulang ke Indonesia. Ada rasa senang dan sedih akan pulang ke Indonesia. Sedih karena menyesal belum berbuat/belajar banyak selama 2 tahun ini. Senang karena banyak hal😀.

Sebelum memutuskan pulang, saya bimbang apakah pulang ke Indonesia atau bekerja dulu di Korea.  Karena berada disini, saya sempatkan dulu apply ke perusahaan besar seperti Samsung, sayang kandas di proses interview. Sebelumnya juga ditawari oleh professor ke perusahaan kenalannya, namun sampai sekarang belum ada kejelasan. Keuntungan bekerja di korea adalah gajinya besar dan biaya hidup tidak terlalu tinggi, juga menambah pengalaman di tengah majunya industri Korea. Kebutuhan orang asing di korea semakin besar, mengingat dibutuhkan orang yang punya keterampilan sekaligus mampu berkomunikasi bahasa inggris sekaligus untuk kemungkinan ekspansi ke negara berkembang. Apabila saya bertahan beberapa bulan disini untuk mencari kerja, paling tidak ada peusahaan yang bisa saya masuki. Profesorpun juga membantu menawari pekerjaan lain Tapi pada akhirnya saya tolak dan memutuskan untuk pulang ke Indonesia.

Saya punya beberapa alasan untuk meninggalkan Korea.

  1. Komunikasi , Orang korea yang tidak bisa bebahasa inggris, disamping saya sendiri yang pemula bahasa korea. membuat komunikasi saya dan mereka terhambat. Saya pikir komunikasi yang buruk akan membuat kehidupan dan kinerja saya tidak maksimal
  2. Saya sudah puas, Saya sudah puas merasakan hidup di negara 4 musim.  Sudah puas juga menikmati keindahan Korea, jalan-jalan di tempat wisata di Korea (walau ada beberapa yang belum), hingga pada titik saya sudah jenuh dan puas. Saya juga suka mengamati kehidupan orang korea hingga hal-hal yang detail, seperti gaya hidup, etos kerja, kampus., lalu lintas, IT, sistem transportasi, tempat wisata dll. Banyak hal di korea yang menginspirasi saya dan belum banyak diterapkan di Indonesia. Semoga dapat memanfaatkan inspirasi dari Korea, sepulang saya ke tanah air.
  3. Keluarga, Hidup di negeri yang jauh juga membuat jauh orang-orang yang saya sayangi. Walaupun sudah ada teknologi seperti skype, tetap saja ikatan batin terpisahkan oleh jarak .
  4. Indonesia, Hampir setiap hari saya membuka forum skyscrapper city indonesia, berisi tentang perkembangan infrastruktur Indonesia. Dari situ, saya simpulkan indonesia memang luas dan kaya. Masih banyak yang perlu dibangun dan banyak sekali kesempatan untuk berkembang. Walau kondisinya kacau tapi saya yakin makin hari makin baik, justru menjadi tantangan untuk mengembangkan diri di Indonesia. Nice place to live and grow old

905297_10200576737454236_301071240_o

Pada akhirnya, hidup ini pilihan. Tidak ada pilihan yang terbaik. Kita cukup berusaha yang terbaik atas apa yang kita pilih

One thought on “It’s Decided!!

Leave a Reply

