Tertarik dengan Smart Grid

Berawal dari diskusi dengan kakak senior elektro di korea, bahwa teknologi yang sedang gencar-gencarnya saat ini adalah smart grid . Apa itu Smart Grid? saya sendiri kurang tahu definisi aslinya, tapi ini adalah teknologi yang menggabungkan bidang informasi, komunikasi dan tenaga listrik yang bertujuan untuk menghemat (efisiensi) penggunaan tenaga listrik.

Jaringan smart grid (diambil dari http://www.smartgrid2030.com)

Karena baru fast reading, saya sendiri belum tahu detail teknisnya😀 . Tapi yang saya tangkap Smart Grid adalah, dengan memanfaatkan informasi jumlah supply power (pembangkit) dan jumlah demand power (load), kemudian dari data tersebut dapat dilakukan kontrol terhadap distribusi tenaga listrik, sehingga dapat menciptakan efisiensi, Kurang lebih begitu, Bingung ya?😀

Menurut saya, smart grid berpotensi menjadi revolusi dalam penghematan energi. Contohnya, dengan smart grid, pengguna rumahan tidak hanya bertindak sebagai konsumen, tetapi juga bisa sebagai produsen. Pengguna rumahan yang memiliki solar panel dan tidak sedang digunakan,maka  energi ini dapat didistribusikan ke pengguna lain. Energi yang didistribusikan ini bisa menjadi sumber income uang, dan memacu untuk pengguna rumahan untuk berlomba-lomba menghasilkan energi-energi solar panel. Inilah yang saya maksud revolusi penghematan listrik dengan smart grid, karena di sisi lain terdapat peluang bisnis bagi konsumen untuk mengeksplorasi energi terbarukan.

Teknologi ini masih butuh banyak pengembangan di sisi bidang informasi, komunikasi serta tenaga listriknya, belum lagi dari sisi bisnis dan kebijakan pemerintah. Kebetulan teman saya ada yang bergelut di bidang smart grid, bisa baca salah satu tulisan dan pengalamannya disini :)

This entry was posted in Uncategorized by hamka. Bookmark the permalink.

3 thoughts on “Tertarik dengan Smart Grid

  1. Energi terbarukan memang sedang hangat2nya diperbincangkan. Apalagi di negara maju. Di negara berkembang pun juga ikut meramaikan wacana solar energy ini. Aku pernah di tanya sodaraku tentang solar energy tentang alat yg dibutuhkan, biayanya, dan pemasangannya. Padahal aku tak tau apa itu solar energy. Hehe… Ternyata di pulau kecil di dekat batam pun sudah ingin pindah ke solar energy.. Akan tetapi wacana smart grid belum membumi disini. Semoga teknologi tersebut bisa dibawa ke indonesia dengan harga yg feasible

  2. ikut nimbrung y..
    Smartgrid sdh akan diterapkan di indonesia dlm wkt dekat, kebetulan saya dpt kesempatan utk ikut serta pengembangannya di indonesia. Sebagai pilot project nya di kawasan industri terlebih dahulu mengingat rung lingkupnya yg skala kecil dan sdh lebih teratur jaringannya. Mari kita doakan semoga sukses sehingga bs segera diterapkan dengan skala lebih besar lg.
    Salam🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s