Tagihan Listrik , 비싼에요!

Bulan ini, kami mendapat tagihan listrik yang mahal, kalau dirupiahkan sekitar satu juta rupiah😮 . Padahal bulan-bukan sebelumnya mungkin sekitar 70rb won (500 rb rupiah). Mungkin karena pengaruh winter, jadi kami banyak memakai resource seperti selimut listrik. Tetapi masak semahal itu? saya sendiri curiga ada salah hitung

Terlepas dari mahal tidaknya, saya mencoba membandingkan tagihan listrik di indonesia. Bulan ini saya memakai 491 kwh dan membayar 111rb won atau sekitar 950ribu rupiah. Sementara dengan ukuran pemakaian yang sama di Indonesia hanya membayar 390ribu rupiah. SImulasi perhitungan bisa dicoba di web ini

PLN , http://www.pln.co.id/

PLN nya Korea , http://cyber.kepco.co.kr/kepco_new/eng/customer/about_bill/pay_01.jsp

Yah, memang harga energi disini jauh lebih mahal daripada di Indonesia, tetapi disini jarang terjadi pemadaman listrik dan lebih reliable. Dampaknya orang-orang disini juga sangat berhemat dalam pemakaian listrik. Saya jadi teringat artikel yang saya baca beberapa hari lalu di FB teman. Artikel dari pak wamen ESDM , kurang lebih saya setuju dengan pendapat beliau tetnag krisis energi dan rendahnya harga energi di Indonesia, seperti jerat lingkaran setan . Artikelnya bisa dilihat disini

http://groups.google.com/group/migas-indonesia-google/browse_thread/thread/46a4204bfb2e681a/5a54b259dcb2fba5?show_docid=5a54b259dcb2fba5&pli=1

Okay, tampaknya pengeluaran bulan ini jadi mahaalll .

Dan tak lupa belajar hangul hari ini

비싼에요! (It’s expensive!)

 

2 thoughts on “Tagihan Listrik , 비싼에요!

Leave a Reply

