Moodle dan Kuliah PTI

Semester ini ada perkuliahan baru bagi mahasiswa tingkat pertama TPB, yaitu KU1073, Pengenalan Teknologi Informasi. Nah, kuliah ini punya beberapa tingkatan, PTI A untuk mahasiswa sakti macam EL dan IF, PTI B untuk level medium untuk mahasiswa FITB dan FTSL, dan PTI C untuk mahasiswa cupu macam SF, FTI dan SITH😀 . Nggak ding, pembagiannya berdasarkan kebutuhan materi akan teknologi informasi.

Kuliah ini ada praktikumnya, asisten PTI A ditangani langsung oleh mahasiswa IF dan asisten PTI B-C diserahkan open rekrutmen asisten dan asisten Comlabs. Kebetulan saya kebagian getah membuat website e-learning http://kuliah-pti.comlabs.itb.ac.id/ , untuk PTI B-C, menggunakan moodle. Niatan saya sih habis webnya jadi, jalan trus ditinggal kabur😀 . Tapi kok ada rasa ngganjel untuk mengamatinya secara langsung di lapangan, masuklah saya jadi asisten PTI. Setelah dihitung jadwal kosong dan wetonnya, saya kebagian jadwal anak SF Internasional dan SITH. Harusnya sih ngasistenin pake bahasa Inggris, tapi karena kemampuan English pas-pasan, saya main tabrak aja campuran English + Indonesia + logat jawa + bahasa isyarat , haha…

Web moodle yang dipakai ini punya banyak fitur, kasih tugas, upload file, forum, kuis banyaklah. Sejauh ini belum banyak dieksplorasi di perkuliahan ini, paling-paling cuma untuk upload tugas. Oya, di ITB sendiri juga menggunakan moodle di web http://kuliah.itb.ac.id/ dan beberapa jurusan seperti FT dan IF juga menggunakan CMS ini. Selain media web, e-learning juga diimplementasikan lewat milis. Salah satu perkuliahan saya Sistem Mikroprosesor kelas Pak Waskita, membuat satu milis untuk siswa di kelasnya (maaf pak, saya ga pernah posting, bingung sih mo posting apa😀 ). . Namun fasilitas-fasilitas diatas belum terpakai sepenuhya, kurang malah. Hanya beberapa dosen yang memanfaatkan fasilitas itu, beberapa perkuliahan bahkan tampak mati suri. Kalau dibandingkan dengan punyanya tetangga masih kalah jauh aktivitas dan kontennya.

Yah namanya juga teknologi, tentu akan tidak berguna jika tidak diikuti budaya dari pengguna teknologi. Satu contoh, email, satu fasilitas yang penting dan wajib bagi mahasiswa. Setiap mahasiswa pasti punya satu akun email, lebih dari satu malah. Tapi seberapa sering inboxnya dibuka? seberapa sering berkirim email? . Kalau ada pengumuman, media yang paling efektif tentu email, beruntung jurusan saya punya milis khusus civitas yang kebanyakan isinya pengumuman . Pernah ada teman mengeluh, sekali buka inbox pasti penuh ato belum tahu pengumuman karena belum ikut milis… pliss deh >.<. Yah setidaknya cek email sehari sekali, luangkan uang untuk ke warnet setiap hari. Saya waktu semester 1 TPB saja bela-belain ke curi ngenet di LAb IF ato ke warnet jam 2 pagi, masa situ lemah kali (Lhah kok saya jadi marah-marah sih hehe)

Koreksi nilai lewat moodle

Koreksi nilai lewat moodle


Akhirnya, praktikum PTI ini selesai, dan saya baru saja selesai merekap nilai praktikum. Nah, inilah enaknya moodle, nilai mahasiswa bisa dipantau, dicek, diekspor ke excel. Kalau ada masalah tinggal kirim email (Y komplain nilai juga ga nyampe 5 email). Thanx to Agi, Ulfi, Anggi n Sofi yang telah membantu mengasisteni . Buat adik-adik praktikan, saya minta maaf kalo ada kesalahan dan khilaf.

Waktunya sirius, minggu depan ujian kita….

8 thoughts on “Moodle dan Kuliah PTI

  1. wach, sebenere kalo kuliah kek gitu enak banget,,,
    bisa ngirim tugas lewat mail langsung, jadi ga boros kertas buat ngeprint,

    [andaikan dosen²ku mendengarnyah… ;(

  2. @r1d0aja
    keunggulannya memang praktis mas, tapi ntar malah jarang berinteraksi langsung

    @yesalover
    moga laris deh ^^

    @bintang
    ntar ya tang, lagi males introspeksi nih😀

    @kw
    amin mas..😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s