Tips Berdiri/Tanpa Tempat Duduk di Kereta Api

Malam sabtu kemarin, saya mendadak pulang ke Solo karena ada hal mendesak. Karena mendadak, maka tiket keretapun dibeli langsung di loket stasiun sebelum berangkat. Biasanya sih tiket Lodaya masih ada sisa tempat duduk, tapi mungkin karena weekend jadi banyak perantau pulang ke Solo. Walhasil saya hanya dapat tiket kelas bisnis berdiri alias tanpa tempat duduk -_- . Keluar loket saya langsung ditawari “oknum” untuk tempat duduk di gerbong restorasi, dengan biaya lebih tentunya. Beuh…. . Resmilah saya jadi gelandangan di kereta api ini🙂 . Berikut tips untuk berdiri tanpa tempat duduk di kereta api.

Tiket berdiri tanpa tempat duduk

Tiket berdiri tanpa tempat duduk

1. Cari tempat yang nyaman tentunya
Ada beberapa pilihan

pertama,di gerbong restorasi,biasanya menyediakan tempat duduk yang seharusnya digunakan untuk makan bagi para penumpang. Tapi lagi-lagi  tempat-tempat seperti ini sudah dikomersilkan secara ilegal oleh “oknum:
Kedua, di bagian ujung gerbong dekat pintu, ada sela jika tempat duduknya di pindah arahnya. Ini tempat yang cukup nyaman dan relatif luas.
Ketiga, kolong dibelakang tempat duduk yang berhadapan. Agak sulit juga menemukan tempat ini, karena memang jarang penumpang yang naik berombongan. Agak sempit dan anda akan terganggu dengan papan tempat makan yang membuat sandaran kepala terasa sakit, tapi tidak berlaku bila anda tidur terlentang😀
Keempat, Sambungan gerbong, well… tempatnya cukup luas sih, tapi anda akan terganggu berisiknya suara di sambungan dan lalu lalang orang masuk toilet -_-
Jika tempat-tempat diatas sudah terisi, yah selamat mencari tempat-tempat tidur “ternyaman” menurut anda, bisa di lorong gerbong, di kolong tempat duduk, atau loko😀
Kali ini saya beruntung mendapat posisi yang ketiga

2. Persiapkan “tempat tidur” anda
Koran adalah properti wajib dan penting. Bisa juga pesan bantal di kereta @Rp.3000

3. Posisi tidur yang nyaman
Sesungguhnya tanpa tempat duduk adalah surga bagi beberapa orang. Yup, kapan lagi bisa tidur terlentang tanpa khawatir akan penumpang sebangku. Ada 3 pilihan posisi, tidur bersandar, tidur terlentang tapi kaki ditekuk, dan posisi sempurna tidur terlentang. Saya coba posisi pertama, kurang nyaman karena ada papan tempat makan, akhirnya tidur dengan posisi kedua. Malam pun semakin larut dan penumpang semakin sepi yang lalu lalang akhirnya tidur pulas dengan posisi sempurna yang ketiga😀

4. Perhatikan barang bawaan
Kalau koper taruh saja di rak atas. Kalau tas kecil atau berisi barang penting dibawa langsung atau sambil dipeluk saja dijadikan bantal

5. Miscellaneous problem
Well, karena tidur ada di bawah ada-ada saja barang misterius yang lewat. Seperti botol aqua terjatuh, box makanan jatuh dll. Untung pas waktu itu saya hanya mendapat botol-botol aqua bergelindingan. Waspadalah. kalau-kalau penumpang diatas anda membuang gas beracun, andalah korban pertama😀

Itulah tips dari saya. Saran saya sih enjoy aja di perjalanan KA , ya mau bagaimana lagi inilah kondisi transportasi umum kita. Minggu siang saya balik ke Bandung dengan kereta yang sama, tapi tidak lagi berdiri. Melainkan duduk dekat jendela menikmati pemandangan dan ditemani ngobrol dengan penumpang cewek sebangku😀

14 thoughts on “Tips Berdiri/Tanpa Tempat Duduk di Kereta Api

  1. Loh, kemarin sabtu kmu pulang ke solo to ? koq ga ketemu ya ? padahl aq pulangnya hari jumat loh (beda yah ???)hehhehe…dan sama, ga dapet tempat duduk juga…
    Ham, btw, ek.tek pelajarannya dah sampe mana ? aq dah 2 kali ga ikut kul neh…gara2 praktikum…

  2. wah ham seru nho pulang nggak dapat tempat duduk, itung itung pengalaman….

    lagian di solo cuma beberapa jam saja berarti ham??

    malam minggu pulang terus senin balik lagi ke bandung?

    betapanya perkasanya dirimu ham……

    jadi ingat kalo dari yogya pulang ke solo cuma sejam dari yogya kalo naik prameks dan setelah di solo kemudian satu atau dua jam lagi balik ke yogya……
    😀

  3. @hida
    seru piye, sikile gringingen kuwi ok >_<

    @joice
    kapan2 ya joice , males intropeksi nih😀

    @bintang
    kelamaan ngendon di bandung sih😀

    @afieagp
    change, we need (Obama)😀

    @ressay
    iyo e, keunggulane mung luwih cepet, tepat waktu . aku yo pas kesusu

    @ressay
    masalahnya yang di restorasi sudah diperjualbelikan sama oknum mas ..

    @masiqbal
    wah beruntungnya dirimu ..🙂

  4. pernah nekat naek kereta api berdiri gara2 gak dapat tiket lagi..
    tapi gak bisa senyaman yg kamu ceritain ham..duduknya deket toilet soalnya..😦

  5. msh ada yang lbih enak…..biasanya kalo hari jumat malam tu banyak kali robongan….mending ikutan aja selain bayar separo harga dr tiket resmi bisa bebas cari tempat dimana suka….krn itu bukan rhsia umum lg…..,dr pd sama-sama g dpt tempat tp tiket sama hrganya,mendingan gitu……

  6. kasus yang sama sering saya alami. dan tempat favorit saya adalah ….
    ……………………………………………..
    ……………………………………………
    ………………………………………….
    ………………………………………..
    ……………………………………..
    …………………………………..
    ………………………………..
    nomer DUA.

    yakni diruang sisa antara ‘dinding’ gerbong dengan bangku paling ujung. Biasanya dipakai untuk menyimpan sementera tumpukan bantal yang hendak disewakan. Tapi untuk mendapatkan tempat sorga ini saya harus buruan datang karena sering kedahuluan orang. namanya juga sorga.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s