Serba serbi Ramadhan(1) : Tarawih

Seperti biasa setiap bulan Ramadhan masjid selalu penuh setiap malam karena ada tarawih. Ok-Ok, saya memang bukan ahli agama, jadi ga tahu dalilnya tentang tarawih😀 . Yang saya tahu tarawih ini merupakan amalan sunnah, dimana setiap bulan ini Allah   SWT melipatgandakan amalan ibadah umatnya.

Nah, pada ramadhan malam ke-4 ini, saya sudah bolong tarawih satu kali (dibilangin saya kan bukan ahli agama >-<). Malam pertama tarawih di DT dan ketiga di masjid At Taqwa Gegerkalong. Saat tarawih di DT, saya bersama teman saya, wisnu, memang berniat malam pertama ramadhan pengen khusyuk denge khotib, biasalah anak muda, semangat2 di awal. Eh lha kok pas pulang tarawih, mata kami jelalatan nyari ukhti-ukhti santri DT yang alim sholihah… hahaha.

Selanjutnya, di Masjid At Taqwa dekat kos-kosan. Tidak ada hal yang khusus disini sih, namun yang saya amati disini adalah segerombolan anak kecil SD tengil. Ya, anak-anak SD ini memang menghiasi sudut masjid, aksesori ibadahnya lengkap:sarung, sajadah, peci, dan yang pasti ada “Buku Kegiatan ramadhan” , Geli juga melihatnya, anak-anak ini di masjid cuman bikin kegaduhan saja, tapi yang penting bukunya penuh tanda tangan pak khotib. Semasa saya dulu juga seperti ini, tarawih cuman niat biar buku ramadhan penuh, di masjid bersama teman kelas SD buat keributan. Jadilah gerombolan tengl ini selalu diperingatkan khotib Mungkin dulu kami belum mengenal istilah “titip absen” atau “palsu tanda tangan“, jadi selalu takut bila tak ikut tarawih. Coba kalau Mahasiswa ITB dikasih buku kegiatan ramadhan? wakakakk…

Satu lagi, tentang tarawih, biasanya saya mencari masjid yang tarawihnya cepat. Di Masjid Salman ITB, tarawihnya satu juz penuh .. maaaak. Makanya saya belum pernah tarawih disitu, padahal pahalanya lebih banyak kan. Dulu pas Malam Ramadhan pertama juga saya mengajak teman kesitu, tapi dianya ga mau, Nggak jadi deh Yah, semoga saya bisa meningkatkan iman saya di Ramadahn ini.Amiin

5 thoughts on “Serba serbi Ramadhan(1) : Tarawih

  1. Amiinnnn… Semoga menjadi manusia yang lebih baik.
    Dan gua teringat juga pas gua SD, bapak gua yang tanda tangan soalnya gua gak terawih. Hwawawa…

    Untuk masalah sfint nggak masalah kok.😀 Menyenangkan juga… Hehehe…

  2. Asw
    ga lama2 amat koq taraweh di Salman. Dan saya lihat kalau di Salman tuh ga full satu juz tapi kayaknya awal Juz saja, jadi mungkin setengah juz atau lebih. Ya mungkin nyampe satu juz. Tapi ntah kenapa saya ga ngerasa pernah dapet yang satu Juz Full hehe ^_^
    Di Salman itu bagus-bagus ceramahnya.
    Was

  3. sesungguhnya bulan puasa adalah bulan penuh berkah, bulan penuh ampunan,pokoknya bulannya umat islam .marilah kita berlomba-lomba dalam hal kebaikan,bukalah alqur’an walaupun itu hanya satu ayat,jadikan bulan puasa ini adalah bulan penebus dosa.marilah kita semua saling introfeksi diri kita masing-masing semoga kita semua bukan orang yang merugi, amiiiiiin selamat berbuka puasa kawan .by syamsul ma’arif indramayu.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s