Ketika tubuh berperang a.k.a demam

Dua hari ini saya hanya bisa berbaring di kamar tidur karena sakit. Ya, kamis malam lalu, tubuh saya tiba-tiba demam tinggi disertai sakit kepala. Mungkin karena cuaca yang kurang menentu, masa ujian ato pusing mikirin BBM naik?😀 . Tapi alhamdulillah sekarang sudah baikan .

Tapi, apa itu demam? berikut penjelasan singkat dari infoibu

APA ITU DEMAM ATAU PANAS TUBUH?—

Ketika anda merasa tidak enak badan, maka hal pertama kali yang sering anda nilai adalah apakah tubuh anda panas atau mengalami demam. Walaupun sebenarnya panas sendiri bukanlah penyakit itu sendiri, panas biasanya adalah tanda bahwa sesuatu sedang terjadi didalam tubuh anda.

Dan sebenarnya panas sendiri tidak selalu buruk. Panas memegang peranan dalam menolong tubuh untuk melawan serangan infeksi virus atau bakteri. Jadi panas adalah suatu respon tubuh untuk melawan infeksi yang masuk ke dalam tubuh.


Ya, demam disini berarti bahwa tubuh kita sedang berperang pada penyakit entah itu kuman atau virus. Tubuh ini seperti mempunyai sistem peringatan bahwa ada ancaman yang terjadi di tubuh kita. Efek samping dari peringatan demam ini adalah tubuh kita menjadi panas, mata menjadi sangat tidak enak, ludah serasa pahit, dan nafsu makan berkurang, rasanya ingin tidur istirahat saja. Memang benar peringatan ini, kalo ibaratnya tubuh kita bisa bicara, ia akan memperingatkan “Maaf teman, badan ini sudah kami desain agar tidak enak, kami sedang berperang melawan si virus, Perang Virus adalah prioritas pertama, oleh karena itu istirahatlah”.

Mungkin karena mindset perang tubuh ini, saya bisa sedikit menganalogikan dalam mengatasi demam ini. Berikut tips-tips dari saya untuk mengatasi demam,

1. Istirahat… istirahat… istirahat… Ingat tubuh kita sedang konsentrasi berperang. Lupakan semua aktivitas harian, mbolos aja kuliah ato kerja (izin tentunya), tubuh anda lebih penting daripada 18 SKS atau honor harian. Tapi usahakan jangan terlalu lama istirahat di kasur, bisa sakit punggung kita. Selang-seling tidur – baca buku – tidur – keluar rumah -tidur -ngenet -tidur, pokoknya aktivitas yang tidak memakan resource tubuh.

2. Beri tubuhmu amunisi energi yang banyak. Ibarat perang, kita juga butuh amunisi. Pergilah membeli makanan-minuman bergizi, seperti susu , kacang hijau, roti, buah . BEli makanan yang kita sukai, ingat nafsu makan kita menurun dan ludah serasa pahit, berarti tubuh memperingatkan kita, “makanlah yang banyak, enak dan bergizi ya, juga yang manis-manis”. Saat sakit takanan darah dan kadar gula kita menurun. Asuplah karbohidrat dan glukosa yang banyak. Ingat efek dari makanan baru terasa setelah lebih dari 7 jam.

3. Minum obat. Tubuh juga membutuhkan pasukan-pasukan khusus dalam berperang untuk operas-operasi khusus. Parasetamol, yang mengatasi pusing dan demam, Antibiotik, yang mengatasi bibit-bibit penyakit. Biasanya kombinasi obat yang saya pakai: Obat parasetamol (bisa panadol, ultraflu, paramex dll), antibiotik (yang mana yang cocok buat anda, untuk saat ini saya cocoknya ciprofloxacin dan tetra), Obat Maag (Untuk menetralisir lambung yang masam karena kurang ada makanan yang diolah, agar tidak mual-mual). Obat-obat tadi atas rekomendasi dokter pribadi saya dari klinik Ayah-Bunda😀

4. Jika 3 hari demam tak kunjung sembuh, berarti perang tak kunjung selesai, segeralah panggil jenderal perang, minta ia untuk menganalisis sebab-sebab terjadinya perang, profil musuh dan keadaan persenjataan kita, minta pendapatnya mengenai perang ini. Yup, pergilah ke dokter

5. Jangan lupa berdoa untuk kesembuhanmu

Yup, semoga anda cepat sembuh dan kembali beraktivitas

One thought on “Ketika tubuh berperang a.k.a demam

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s