Indonesia Bisaaaa….!!

Masih dalam rangka 100 tahun Hari Kebangkitan Nasional. pada acara di Gelora bung Karno dengan “Indonesia Bisa” , yang saya artikan bahwa Indonesia Bisa bangkit kembali dari keterpurukannya. Slogan ini sangat mengena menurut saya, karena merepresentasikan sifat optimistis yang sangat kita perlukan di tengah krisis mental di negeri ini. Saya sendiri merasa optimis negeri ini mampu bangkit kembali.
Mengapa saya optimis Indonesia mampu bangkit kembali?

100 tahun yang lalu keadaan negeri kita hampir sama keadaannya

Mengalami penjajahan

Dulu, kita mengalami penjajahan kolonialis sekaligus kapitalis, meliputi penjajahan wilayah, pemerintahan bahkan ideologi, tidak dipungkiri juga bahwa kita dulu dijajah secara ekonomi, secara paksa malah, dengan pungutan pajak dan tanam paksa. Sementara kini, walau sudah merdeka, kita menghadapi penjajahan kapital, lewat cara-cara yang lebih halus, seperti pemberian hutang, penguasaan aset negara atau monopoli pasar

– Banyak rakyat menderita
Dulu, banyak orang yang benar2 menderita, sekarang menderitanya macam-macam, ada yang pura-pura menderita (agar diberi BLT)

– Ada koruptor juga
Siapa bilang jaman dulu ga ada koruptor? mungkin istilahnya bukan koruptor tapi pengkhianat kaki tangan kompeni, seperti raja-raja boneka kompeni, tuan2 tanah, cukong dll. Tujuannya sama, demi keuntungan pribadi dengan mengorbankan rakyat banyak

Kita adalah bangsa yang besar dan punya rasa nasionalisme yang tinggi.
Coba sebutkan negara mana yang memiliki keaneka ragaman suku  terbesar di dunia? jawabnya adalah Indonesia. Dengan keaneka ragaman yang banyak itu, mungkin kita adalah negara yang paling rukun. Coba kita lihat integrasi suku-suku bangsa di Indonesia yang dilandasi rasa nasionalisme tanpa kekerasan. Bandingkan dengan negara Inggris yang mengintegrasikan skotlandia dan irlandia dengan cara menumpas pemberotakan. Atau sikap bangsa Amerika dan Australia terhadap Indian dan Aborigin. Kita punya rasa nasionalisme yang tinggi.
Kecuali Timor Leste, pemberontakan di indonesia seperti GAM, RMS, papua merdeka dilandasi ketidakadilan sosial ekonomi tapi saya sendiri yakin bahwa pemberontakan tersebut masih ingin menjadi bagian dari NKRI, secara histori saja, wilayah pemberontakan tersebut adalah bagian dari perjuangan kemerdekaan NKRI.
Satu lagi, coba anda pikir, berapa banyak rakyat Indonesia yang ikut2an pusing memikirkan negara ini? mungkin dengan demo, unjukrasa, makian atau kritikan terhadap kebijakan pemerintah, cukup utuk merepresentasikan betapa cintanya mereka terhadap indonesia.

Kita adalah bangsa yang tabah
Mungkin setelah jaman kerajaaan majapahit, kehidupan rakyat Indonesia selalu “menderita”, mulai dari ditekan penjajahan kompeni, tekanan ekonomi, sampai merdeka pun kehidupan masih susah. Tapi dengan ujian seperti itu, bangsa kita terbiasa menjadi bangsa yang rajin dan pekerja keras. Tidak seperti negara maju (karena memang bukan negara maju), rakyat indonesia terlatih untuk berdiri mandiri di atas kaki sendiri, negara kita memang tidak mampu bila untuk mengurusi semua rakyatnya bahkan di bidang umum seperti pendidikan dan kesehatan. Dan yang paling penting, rakyat negeri ini tetap tabah dengan keadaan seperti ini, terbiasa dengan kehidupan keras seperti sekarang. Maaf, bukan bermaksud membenarkan keadaan yang seperti ini.

Kalau dilihat kondisi seperti ini seharusnya kita sudah mampu bangkit kembali, karena secara keadaan kita jauh lebih baik dari 100 tahun yang lalu. Tapi satu lagi yang harus kita ingat, mulailah dari nol….
100 tahun yang lalu, organisasi Budi Utomo didirikan, memulai perjuangan dari sektor pendidikan, kemudian muncul cendekia-cendekia dan organisasi2 lainnya. Buahnya dapat dirasakan 20 tahun kemudian saat Sumpah Pemuda, dan proklamasi. Tapi, Kebangkitan bukan proses instan bung!! , Mungkin dr. Wahidin dkk, tidak mengira bahwa pendirian Budi Utomo itu merupakan cikal bakal kemerdekaan indonesia, keinginannya agar rakyat Indonesia harus memunyai hak dalam pendidikan dan pemerintahan. Boleh jadi hari ini ataupun masa reformasi kemarin adalah cikal bakal kebangkitan nasional II.
Jadi, marilah kita bersikap optimis, bahwa Indonesia ini mampu bangkit kembali, Indonesia BISAAA…..

foto diambil dari blog fayyadl.wordpress.com

2 thoughts on “Indonesia Bisaaaa….!!

  1. yaaa…, saya juga meyakini bahwa Indonesia akan bangkit dan menjadi sebuah kekuatan besar di dunia. tapi mungkin saya tidak akan mengalaminya,, mungkin anak cucu saya kelak… (pdhl punya anaknya masi lama,, kuliah aja lum kelar,, hahaha…)

    saya sangat teriris dengan tulisan anda “Kita adalah bangsa yang tabah”.
    saking tabahnya, kita kadang mau aja dibikin menderita oleh penguasa lalim.
    saking tabahnya, kita rela memberikan sebagian besar kekayaan alam kita ke negara lain padahal kita sendiri kekuarangan sumberdaya alam itu.
    saking tabahnya, pos-pos penghasilan terbesar negara ini diserahkan kepada pengusaha asing sehingga mereka bisa mandi uang padahal penduduk aseli cuman kuat makan nasi aking.
    saking tabahnya, kita duduk diam saja waktu kekayaan hutan kita dipangkas habis-habisan secara ilegal.

    muncul pertanyaan,, benarkah itu sebuah ketabahan?
    atau malah ketidakmampuan dan kebodohan?

    yang penting, kecintaan kita terhadap negara kita tidak boleh luntur sedikitpun.

    bersama kita bisa… (halah)

  2. iya sepakat, tabah ini memang dalam tanda kutip — jadi “tabah” , bisa diartikan rajin, menderita, miskin, tidak adil atau bodoh
    Sedikit cerita, pas naik kereta ekonomi…. banyak sekali masyarakat golongan menengah kebawah di kereta. Mulai penjual asongan, pengemis, pengamen, penumpang rata2 dari kelas bawah, Kalo kita perhatikan, saya “salut” pada mereka atas kegigihan mereka dalam menjalani hidup. Mungkin hitungan matematisnya , kalori yang dikeluarkan lebih besar dari hasil yang didapat.
    Logikanya, kalo keadaan bobrok seperti ini saja kita mampu bertahan apalagi bila kita sudah bangkit. Pertanyaannya kapankah kita bangkit?, Sepakat, dengan diam, menunggu, sabar dan tabah saja tidak cukup untuk membuat kita bangkit.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s