Buku Detektif karangan Wolfgang Ecke

Buku detektif ini sebenarnya sudah lama, cetakan bahasa Indonesia tahun 1986 dan pengarangnya sendiripun sudah meninggal. Saya sendiri mendapatkan buku ini dari kolektor buku bekas di Internet. Situsnya disini (thx to Mbak Devi). Buku detektif ini, masing-masing mempunyai 20 cerita pendek atau kasus, dimana di setiap akhir kasus terdapat pertanyaan mengenai kesalahan sang pelaku yang membuktikan bahwa dialah sang tersangka. Disini pembaca diajak untuk ikut berpikir dalam menyelesaikan suatu kasus, jawaban pertanyaan tersebut terdapat di bagian akhir buku. Tidak seperti cerita Detektif Conan atau Kindaichi, cerita di buku ini lebih simpel, tapi jangan salah, untuk menyelesaikannya dibutuhkan logika dan kecermatan yang tinggi.

Saya sarankan untuk membaca buku ini didampingi dengan internet. Karena untuk menyelesaikan beberapa kasus yang sulit (level bintang tiga), dibutuhkan wawasan yang luas. Sebagai contoh, saya membutuhkan peta Jerman untuk membuktikan kata-kata pelaku mengenai tempat tinggalnya. Yup, suasana daratan eropa zaman 70an sangat kental di buku ini, karena pengarangnya sendiri berasal dari Jerman


Saya sendiri tertarik pada buku ini ketika dulu semasa SMA pernah membaca salah satu seri buku ini, berjudul Saat Maling Main Catur , sekarang sudah hilang sepertinya dipinjam teman. Selanjutnya saya memesan seri yang lain di internet, antara lain judulnya, Pianika embuka RAhasia, Misteri si Baju Hitam dan Puri Gorila Merah. Biaya pesan dan kirimnya tidak sampai 40.000 rupiah . Pengen saya koleksi buku-buku seperti ni. Ada yang punya? . Mungkin saya malah pengen menulis cerita-cerita misteri semacam ini.

14 thoughts on “Buku Detektif karangan Wolfgang Ecke

  1. wwaaahhhh…….. pengen banget baca buku nya…..
    huuufffttt………. tapi sekarang dah gak ada……
    sialaaannnn…………. gimana ya caranya buat bisa baca itu???????????? aaaadddddduuuuhhhhh

  2. Saya punya empat gan,
    yg judulnya penjahat bermain harmonika, wajah seram dibalik jendela, pianika membuka rahasia dan puri gorila merah..

  3. saya juga punya satu, lupa nyimpennya…
    yang paling saya inget salah satu judulnya “kadal dikadali”, terus bandeng asap indonesia kesebut dibuku itu lho πŸ˜€
    pengen nyari karangan wolfgang ecke susah, dimana lagi ya adanya??

  4. Kebetulan sy koleksi serial ini,simple tp bnr2 menuntut pembacanya paham akan pengetahuan umum di benua eropa.Herr Wolfgang niatnya nulis utk anak2 tp jujur ini cocok jg utk pembaca dewasa, ay dukung kalo ada yg mau membuat serial kyk gini.

Leave a Reply

