Pilihanku : DEBIAN!!!

Dari sekian banyak distro Linux yang saya coba, akhirnya saya menetapkan pilihanku pada Debian. Debian menurutku tak ada bedanya dengan Ubuntu, Fedora, Mandriva atau distro lainnya. Bahkan dari segi performa malah lebih berat, tak tahu kenapa mungkin nanti saya cari tahu. Driver juga tak masalah, suara dan grafik mulus. Lho, lalu kenapa Debian? Jawabannya mungkin ada di kepingan DVD Debian ini. Yap, beberapa waktu lalu saya mendownload DVD 1 Debian dari ftp.itb.ac.id , setelah coba-coba menginstall di komputer kos-an dengan instalasi minimal , tapi tetap dengan GNOME lho… . TAk ada yang spesial, lalu saya buka SYnaptic PAckage MAnager untuk menambah software, inilah intinya. SAya sangat girang ketika melihat isi package software dalam DVD , sangat komplit!!!! . Banyak sekali software yang saya butuhkan ada disini (aplikasi-aplikasi server). PAdahal itu baru DVD 1, masih ada ISO DVD 2 dan 3 di server FTP itb tadi. wuihhh…..
Kenapa saya tergila-gila dengan lengkapnya software?? . Sebelumnya, saya sudah menginstall berbagai distro Linux, ubuntu, fedora, PC Linux OS, dan MAndriva. Tapi tidak ada satupun dari distro tadi yang menawarkan bundel software dalam kepingan CD / DVD. KEsemuanya memanfaatkan software repository di internet, padahal ini komputer rumah lho, offline lagi. Jadi Debian ini merupakan solusi sementara…..


Sementara ini, software yang saya coba dalam debian ini adalah Samba server, yup untuk sekedar konektivitas komputer ke laptop saya (tetap ubuntu). Itupun cuma coba-coba, saya belum membaca file konfigurasinya (smb.conf). Saya hanya mengutak-atik konfigurasi lewat SWAT (konfigurasi samba berbasiskan web). Ngantuk juga pas lihat konfigurasinya…. besok aja ah dipelajari🙂

7 thoughts on “Pilihanku : DEBIAN!!!

Leave a Reply

