Instalasi software lewat source

Akhir-akhir ini, saya lagi seneng ngoprek Linux (baca ubuntu). Dari dulu saya hanya penguna linux untuk level user. Sekarang ini saya berniat untuk menguasai Linux dan UNIX secara keseluruhan, karena sebagian besar arsitektur server dibangun UNIX

Kali ini, saya baru belajar menginstall aplikasi via source. Soalnya sudah sering saya menginstall aplikasi melalui package,dan memang menyenangkan. Tapisetelah saya sadari, selama ini bayk sekali aplikasi UNIX yang disimpan dalam bentuk source dan didownload secara cuma-cuma. Jadi mau tidak mau saya harus belajar.

INstalasi source sebenarnya mudah, dalam kasus ini saya mencoba menginstall proftpd (software untuk FTP server).

1. ekstrak file tar.gz proftpd  , ketik tar -xzvf [nama file tar.gz]

2. Masuk ke folder hasil ekstraksi

– ketik ./configure;make;make install

Jika beruntung, maka hasil aplikasi tersebut dapat terinstall. Namun pada kasus saya, setelah selesai dikonfigurasi (./configure), hasil konfigureasi tidak mau di-make. Setelah saya periksa,ternyata terdapat modul autoconfig yang belum diinstall. Akhirnya saya install modul tersebut di repositori(kali ini ga pake source.. hehe, biar cepet). Hasilnya proftpd siap dijalankan

Jadi pada intinya, instalasi lewat source tidak selamanya langsung berhasil, terkadang kita membutuhkan modul-modul dependency-nya. OS-nya si programmer kan belum tentu dengan OS milik kita kan… Sekian dulu, mo ngoprek yang lain..🙂

Leave a Reply

